Thursday, March 12, 2009

Keputusan & Dilema


Kalo melihat dari judul diatas, pasti sudah bisa ketebak kalo temanya seputar kebingungan, ketidak jelasan..

yep, begitulah..

dan rasa itu sebenarnya sudah sering saya alami..entah di lingkungan kerja, keluarga, sosialita.. dimanapun..

mungkin yang sekarang lebih sering saya alami adalah dilema di lingkungan kerja kali ya.. secara saya kerja dari hari senin sampai jumat jam 8 sampai jam 5..

ya pastilah hampir 70% waktu saya habis di kantor, sisanya di jalan 5 % dan di kamar saya, tidur maksudnya 24%.. 1% nya untuk laen-laen, tak terduga.. hehe kayak mau bikin pengajuan dana untuk kegiatan saja saya ya?

pernah gak berpikir kalo suatu saat kita akan begini, harus jadi itu..trus sekarang harus belajar ini..??? gak semuanya yang kita inginkan di awal akan tercapai akhirnya..

pasti dong ya?

saya juga begitu.. dulu waktu saya masih sekolah di tingkat akhir, saya pernah ingin menjadi tentara.. entah kenapa jiwa patriotisme saya memang cukup kental dulu..

trus karena saya juga agak-agak 'bandel' waktu itu, maksudnya tidak pernah belajar, ikut pelajaran tambahan juga bisa dihitung kehadirannya.. makanya nilai-nilai saya jadi agak sangat kurang bagus.. duh, bahasa saya manis sekali ya?..

jadi waktu lulus sekolah pun, saya harus puas dengan nilai rata-rata yang dibawah standar..dan entah kenapa, saya kok tidak ambil pusing, padahal saya sempat lho dicuekin sama ibu saya, kata beliau saya sangat mengecewakan.. aduh, maaf ya ma.. dan jadilah keinginan saya untuk jadi tentara pupus seiring dengan pembagian nilai akhir itu.. hiks..hiks..

trus saya pun sempat ikut-ikutan proses UMPTN.. yah, berharap saya dapet keberuntungan lah supaya bisa kuliah ke universitas negri..

bisa ditebak dong saya pasti gak lulus.. wong dasarnya aja cuma peruntungan kok.. tapi kalo dipikir-pikir teman saya banyak tuh yang menurut saya kecerdasannya di bawah saya, bisa lulus, apa ini bukan ajang peruntungan namanya?

gak tau juga sih, atau mungkin saya aja yang terlalu membela diri.. tidak mengakui kalo emang tidak mampu masuk universitas negeri..

trus karena kecewa tidak lulus, alasan saya aja sih sebenernya, saya pun merantau dan mencoba peruntungan di kota lain.. ternyata kali ini saya agak beruntung bisa diterima di sekolah itu.. bukan universitas, memang namanya sekolah kok, tapi yang ini sekolah tinggi.. entah apa bedanya dengan sekolah-sekolah yang saya ikuti sebelumnya, karena sayapun tidak tau dan tidak pernah mendengar sekolah ini..

yah, maklumlah, ternyata saya benar, ini sekolah baru.. pantesan aja saya bisa diterima, mungkin kalo sekolah ini sudah lama berdirinya, nasib saya pasti sama dengan kejadian yang sudah-sudah.. Tidak Lulus, gagal, failed.. apalah...

saya mendaftar, cuma ada beberapa jurusan, dan karena ini sekolah spesial, maksud saya, spesialisasi teknik.. saya berpikir pasti di sekolah ini banyak makhluk yang bernama cowok..maka ketika saya ditanya sama petugas pendaftaran, mau jurusan apa? saya bingung juga jawabnya, saya ni orangnya suka dengan hitungan, yah, kalo cuma matematika atau fisika masih bisa lah, lumayan nyangkut di otak saya, nyangkut doang loh ya...

bukannya saya jawab dengan salah satu jurusan yang ada disekolah itu, saya malah tanya, kira-kira jurusan yang banyak ceweknya apa ya?

kenapa saya jawab itu? karena sudah sekian lama di sekolah pertama atau sekolah atas saya terlalu banyak bergaul dengan cowok, jadi saya pikir saya terlalu tomboy, dan mungkin malah takut saya akan berpikir untuk merubah jenis kelamin saya nanti, maka saatnya sekarang saya harus menampilkan sisi feminitas saya.. suit,,suit..

si petugas pendaftaran itu juga sebenarnya agak bingung, tapi akhirnya saya dikasi tau juga.. dan dengan pedenya saya masuk ke jurusan tersebut..

setelah perkuliahan dimulai, astaganaga, ternyata saya sama sekali tidak mengerti dengan apa yang saya jalani. jurusan yang saya bayangkan ternyata jauh berbeda dengan yang saya pikir sebelumnya..

tapi karena saya sudah memilih, dan tidak mungkin akan kembali mendaftar, biar bagaimanapun saya masih berpikir betapa kasian sekali orang tua saya kalo harus membiayai lagi sekolah yang lain..buang-buang waktu buang-buang uang juga.. secara saya juga bukan dari keluarga yang uangnya tidak berseri itu...mau tidak mau saya harus tetap melanjutkan misi ini..

intinya saya sudah salah mengambil keputusan, yah itulah, buah dari ke-sok tau-an saya, tanpa memahami dulu apa yang akan diambil..

tapi saya bukan orang yang cepat menyerah, meski jujur, saya tidak tertarik dengan jurusan yang saya ambil ini, saya tetap konsisten mau menyelesaikan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya..

tidak perlu diceritakan lah ya bagaimana perjuangan saya dalam menyelesaikan sekolah itu, yang penting, saya kasi bocoran ya.. meski saya gak suka, gak tertarik, atau apalah, tetep harus belajar teorinya..kan yang jadi nilai untuk menentukan IPK adalah teori..maka itu, cintailah teori-teori itu.

dan satu lagi..di sekolah saya ini ada program beasiswa, syaratnya tentu saja diukur dari tingkat perekonomian orang tua dan standar IPK.. untungnya orang tua saya termasuk yang standar ekonominya pas-pasan, dan IPK saya agak lumayan karena saya cukup belajar teori-teori tanpa mengerti apa maksudnya..

nah,ngerti kan sekarang, yang nilai layak atau nggaknya kita dapat beasiswa itu, gak mungkin kok ngetes saya dengan uji praktek, so, cintailah teori-teori itu, hapalin, pelajarin kalo mau ujian, beres deh...hahaha..gak papa.. yang penting akhirnya saya bisa juga dapat beasiswa itu..

tapi ternyata perjuangan hidup tuh gak cuma sampai saya lulus sekolah saja ya? begitu keluar, saya baru menyadari inilah awal atau buah dari saya bersekolah kemarin. kalo kemarin saya masih bisa berleha-leha dan punya prinsip yang penting hapalin teori, disini justru saya diuji untuk mempraktekan keahlian itu.. dan hasilnya pasti sudah bisa ditebak, bagaimana saya mau mempraktekkan, orang keahlian aja saya gak punya..kata hati saya, rasain lu!!!

dan akhirnya setelah lelah mencari pekerjaan yang sekiranya cocok dengan keahlian saya yang tidak punya keahlian apa-apa ini, saya pun terdampar di sebuah institusi keuangan.. bingung kan saya, sekolahnya teknik kok malah ada di institusi keuangan??

itulah hidup, kata saya, semuanya pasti bisa saya lalui kalau saja saya punya kemauan untuk belajar.. apapun itu.. dan saya sudah buktikan kok.. dari saya tidak tau cara menggunakan aplikasi excel, sampai saya harus bisa membuat jurnal dan laporan rugi/laba.. gak pernah kebayang kan kalo akhirnya saya harus bisa ini itu..

yah, sampai saya pun pernah harus ngurusin segala tetek bengek nya bos..

kadang saya berpikir, entah bener entah enggak pikiran saya ini, kalau garis hidup saya sebenernya memang sudah ada yang mengatur.. mau saya sekolah sampai setinggi-tingginya di jurusan teknik kalo sudah diatur nantinya saya harus jadi seorang pedagang, ya pedagang aja..udah dari sananya mungkin saya gak boleh jadi insinyur..

btw, lucu juga kali kalo saya punya toko judulnya “Warung Sembako Ir. Cigaretta”.. tapi tetep dong jualnya harus yang bermutu, bahan-bahan nya pun harus yang kualitas bagus, asli Indonesia, yang diolah pake mesin-mesin buatan putra bangsa.. meski pedagang, ilmu teori yang didapat di sekolah harus diterapkan dong.. wih, saya gaya banget ya???.....

itulah misteri hidup...

ya tapi memang, saya harus tetap menggali pengetahuan, belajar dari pengalaman, mau menerima masukan..bagian inilah yang kadang-kadang masih terasa sulit bagi saya..

sulit memahami situasi, sulit untuk beradaptasi..yang akhirnya menimbulkan masalah..

pernah dulu waktu saya awal-awal jadi seorang sekretaris, bingung kan, sekolahnya di jurusan teknik kok malah jadi sekretaris?? kadang-kadang temen saya suka ngeledek saya, kalo mereka tanya, kuliah dimana? sekolah teknik.. jurusan apa? sekretaris.. karena kata teman saya, saya memang lebih pantas jadi sekretaris daripada jadi insinyur..tapi yang ini sekretaris nya agak gendheng, ancur dan gila sedikit.. sedikit saja jangan banyak-banyak..sekretaris tuh seharusnya yang feminin, ramah, cekatan, bla..bla..bla.. tapi yang ini kok malah kebalikan, rambut jabrik, baju casual, bicara ceplas-ceplos.. waduh...

itu kan teman saya yang bilang, kalo saya sih tetap cuek, yang penting kerjaan beres.. selesai.. itulah saya.. kadang-kadang suka tidak mau dikasi masukan..

oya, saya kan mau cerita tentang pengalaman pertama saya.. kok malah jadi ngomongin sifat saya sih?? karena tidak ada dasar pendidikan inilah, yang kadang-kadang membuat saya banyak melakukan kesalahan.. atau tepatnya kebingungan..

pernah ketika ada rapat dewan direksi, salah satu direksi saya berpesan, kalo ponsel yang ada di ruangannya berbunyi, tolong panggil saya..

kemudian komisaris saya juga berpesan, kalo ada office boy, panggil saya ya..

pertama ponsel di ruangan salah satu direksi itu berbunyi, saya masuk ke ruang rapat dan memberitahukan hal tersebut..

tidak lama, ada office boy, maka saya masuk ke ruang rapat lagi untuk dan memberitahu komisaris..

saya pikir saya bener dong, karena direksi dan komisaris itu yang langsung memberi mandat ke saya.. tak taunya setelah rapat selesai saya ditegur oleh direktur utama saya, kalo sedang ada rapat direksi, tolong jangan keluar masuk seperti tadi..

waduh,, saya bingung juga.. bukan mau saya juga kan begitu.. kalo ada pesan seperti itu, trus saya harus bagaimana?? tapi ya sudahlah, jadi pelajaran aja..

kadang-kadang saya memang harus dimarahin, diomelin, ditegur atau ngelakuin kesalahan dulu baru bisa belajar.. dan biasanya malah hasilnya akan melekat di hati..teringat terus dan akhirnya tidak mau melakukan hal yang sama.. yah, begini-begini, saya kan juga bukan termasuk orang yang mau terjerumus ke lubang yang sama dong...

yah begitulah, mudah-mudahan dengan semakin banyaknya dilema yang saya alami baik itu di kantor atau dilingkungan manapun, akan semakin membuat saya menjadi pribadi yang kuat, bisa mengambil keputusan yang tidak merugikan siapapun..bisa juga menghargai orang, tidak selalu merasa dirinya yang paling benar.. bisa belajar lebih banyak lagi.. dan yang paling penting semoga dilema itu timbul bukan karena kecerobohan saya, tapi karena saya memang harus dihadapkan dengan situasi yang menuntut saya untuk dapat mengambil keputusan sebijaksana mungkin...

amin.....

2 comments on "Keputusan & Dilema"

Unknown on March 12, 2009 at 3:43 PM said...

thanks god, as an ordinary people we should remember that capability have their own line.
kburu tua donk coba2 trs.. :p
"jd egois donk, what ever u say no need 2 argue.."

-eRda- on October 17, 2009 at 9:03 AM said...

bond.... iya darling...
i will......

just share my own kok....

Post a Comment

Sebelumnya Sesudah Home
 

My Blog List

Labels

Welcome

:: Isi Otak :: Copyright 2008 Shoppaholic Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez