Friday, March 20, 2009

IPA4



Akhir-akhir ini saya sedang keranjingan dengan yang namanya situs pertemanan..disitu saya jadi bisa ketemu dengan orang-orang yang pernah ada di pikiran saya..maksud saya teman-teman saya sekolah dulu..
suatu waktu ada teman saya yang gak tau iseng atau memang dengan sengaja mau mengingatkan tentang masa lalu saya, dia mempublikasikan foto-foto kami waktu masih sekolah tingkat atas.. waduh..campur aduk melihatnya, entah seneng, kangen, sedih, malu.. pokoknya perasaan saya jadi tak menentu, ciehh....
awalnya saya memang agak kaget, ternyata saya sudah berubah terlalu banyak, kata teman saya sih, dulu mungkin masih sederhana, sekarang, ya memang masih sederhana juga sih, tapi paling tidak sudah kena debu polusi kota besar..
melihat foto-foto itu, saya jadi ingat betapa dulu saya sangat tidak peduli dengan keadaan dunia.. betapa dulu saya cuma bisa berhura-hura..betapa dulu saya terlalu banyak menghabiskan waktu dengan kegiatan yang percuma...
tapi anehnya, saya tidak mau menyesali semua itu.. justru menurut saya, kalo saja saya tidak berbuat itu dulu, mungkin saya tidak akan menjadi seperti ini..
tul?????
akhirnya kita ngobrol-ngobrol.. mengenang masa-masa indah itu..jadi ingat, kenakalan-kenakalan yang sudah saya dan teman-teman perbuat.. dan inilah yang akhirnya justru membuat saya jadi ingin kembali ke masa-masa sekolah.. dan mungkin yang saya alami dan ingin saya ceritakan, tidak jauh berbeda dengan apa yang dialami oleh kebanyakan orang..
dari sekian tahun saya menimba ilmu.. di bangku sekolah dulu, ya elah, orang cuma 3 tahun aja kok nulisnya jadi sekian tahun, kesannya saya sering gak naik kelasnya.. saya mau cerita tentang kegilaan kami, pas kelas tiga..
tiga ipa empat, sudah jelas kan kalo saya termasuk orang yang menyukai hitung-hitungan..adalah sekumpulan siswa-siswi dari kelas dua yang naik ke kelas tiga.. ya iyalah.. jadi di tiga ipa empat itu, biar simple nulisnya jadi, 3 ipa 4, termasuk salah satu kelas favorit di sekolah saya dulu.. gimana gak favorit, orang murid-muridnya terdiri dari petinggi sekolah, maksudnya ketua OSIS ada, ketua ekstra kurikuler banyak..siswa yang katanya paling cerdas juga ada, trus siswa yang katanya paling bengal juga ada..apalagi siswa yang biasa-biasa aja juga banyak, termasuk saya..
justru karena terdiri dari banyak ragam itulah, 3ipa4 termasuk kelas yang sangat kreatif, maksudnya dalam hal ngerjain guru.. duh berdosa banget si sebenarnya, tapi lumayan buat senam mulut kalo inget hal ini..
saya dan teman-teman punya mata pelajaran favorit, guess what?
biologi.. bukan karena disana banyak mempelajari anatomi semua makhluk hidup, atau karena pelajaran yang termasuk gampang karena cuma hafalan, diantara ilmu eksak lainnya.. bukan.. bukan itu alasannya..
gurunya.. itulah alasan kenapa biologi jadi mata pelajaran yang paling ditunggu tunggu kelas 3ipa4.. yep, namanya pak Hartono, tapi kayanya di kalangan sekolah saya lebih populer disebut dengan pak Timbul.. saya sendiri juga gak tau kenapa bisa dipanggil dengan sebutan itu.. setau saya itu adalah warisan dari kakak-kakak kelas yang terdahulu.. karena setiap ketemu dengan alumni entah alumni tahun berapa saja, selalu bertanya kabar.. 'gimana pak Timbul?..
sedemikian favoritnya sosok pak Timbul ini, yang sebenarnya orangnya sangat sederhana, apa adanya.. yang akhirnya membuat saya juga ingin merasa lebih dekat dengannya.. caranya?? ya pasti dengan membuat beliau kesal.. kan paling nggak setelah itu, jadi kenal dengan nama saya.. duh, pengen eksis aja saya harus dengan cara kerjain guru ya?
ternyata saya sependapat dengan teman-teman saya di 3ipa4.. gak tau sih sapa yang mulai duluan, yang jelas muncul suatu gerakan yang terkoordinir untuk ngerjain guru favorit kita ini.. gak jelas juga sapa yang koordinir, tau-tau kita kompak aja..
contohnya kalo mau pelajaran biologi, 3ipa4 tuh terletak di lantai 2, ketika kita sudah melihat beliau berjalan menuju kelas 3ipa4, ada salah seorang teman saya yang berteriak, ''aku mendengar derap kuda..”
setelah itu bukannya kita mempersiapkan pelajaran, malahan kita kompak keluar kelas..
alhasil, begitu pak Timbul masuk, gak ada seorang siswa pun yang ada di dalam kelas..dan beliau pun bertanya kepada seorang teman saya, “pelajaran apa kamu?”
kata teman saya, “biologi pak”. kata pak Timbul, “loh kok gak masuk?”
jawab teman saya, “katanya kosong pak.” teman saya sengaja ngeledek pak Timbul, padahal jelas-jelas guru mata pelajarannya ada di depannya, kok malah dibilang kosong.. karena mungkin takut melihat reaksi pak Timbul selanjutnya, teman saya bertanya lagi, “bapak juga ngapain di luar, bukannya ngajar?”
kata pak Timbul bener-bener kesal, “siapa yang mau diajar, orang kelasnya kosong gini. ayo masuk!” perintahnya.. kita semua akhirnya masuk dengan wajah berseri-seri karena sudah berhasil ngerjain pak Timbul..
mungkin diantara siswa 3ipa4 ada kesepakatan tidak tertulis yang menyebutkan kalo akan semangat belajar biologi jika berhasil ngerjain gurunya dulu kali ya??
sudah gitu pernah juga, ini sebenernya sangat keterlaluan sih, kita pernah becandain pak Timbul dengan kemenyan.. tau dong?? saya juga tadinya tidak tau ide dari sapa.. jadi ceritanya, ketika pelajaran biologi mau dimulai, salah satu dari kita ada yang mencium bau aneh, dan kurang sedap..kita pun kemudian lapor ke pak Timbul, dan beliau pun akhirnya ikut mencari sumber bau tersebut.
sambil mencari sumber bau tersebut, yang oleh pak Timbul disinyalir adalah bau dari bengkel sebelah sekolah kami, dan mungkin bau itu masuk dari lubang angin yang ada, kami pun sepakat untuk berpur-pura tidak tahan dengan bau tersebut dan mengusulkan untuk keluar dari kelas sambil menunggu baunya hilang..
dengan sangat terpaksa pak Timbul mengijinkan kami untuk keluar dari kelas selama satu jam pelajaran dan akan kembali jam ke-2 nya nanti..
sambil bersorak kami semua keluar, dan berpura-pura marah dengan bengkel tersebut karena telah membuat kacau pelajaran kami.. padahal kami sudah punya rencana untuk sesegera mungkin pergi ke kantin..
saya melihat pak Timbul masih penasaran sehingga menanyakan kepada guru yang sedang mengajar di kelas sebelah.. tentu saja guru tesebut bilang tidak ada bau apa-apa.. karena kelas sudah sepi, akhirnya pak Timbul pun kembali ke ruang guru dan kembali mengajar pada jam ke dua nya..
dan mungkin, sampe sekarang pak Timbul tidak tau bau apa dan darimana asalnya..
kegilaan kami gak sampai disini.. masih berlanjut dan pastinya tetap di pelajaran biologi.. pernah juga waktu itu pas pak Timbul mau duduk di bangku guru.. biasanya kan begitu guru masuk, mengucapkan salam kemudian berjalan ke mejanya, duduk, absen, dan memulai pelajaran. nah, pas pak Timbul duduk, kemudian hendak mulai membuka lembar absen, kelihatan kalo beliau agak kurang nyaman dengan tempat duduknya.. merasa aneh, beliau berdiri dan bilang kepada kami, “kok tempat duduknya gak enak ya?”
kata salah satu teman saya, “ah, perasaan bapak aja kali..”
kemudian beliau mencoba untuk duduk lagi, dan seperti agak kesulitan untuk melihat kepada kami.. memang sih, pak Timbul ini postur tubuhnya tidak terlalu tinggi, jadi ya mungkin karena itu beliau jarang duduk di tempatnya..
sampai kira-kira hampir setengah jam berlalu, beliau masih kebingungan, padahal kami hampir selama itu menahan ketawa..
karena mungkin aneh dengan sikap kami yang cuek, dan cekikikan sendiri, akhirnya pak Timbul sadar dengan apa yang terjadi..
ternyata, bangku khusus untuk guru sudah diganti dengan bangku yang lebih pendek yang biasanya digunakan untuk anak TK.. aduh, kasian sekali ekspresi pak Timbul waktu itu.. hebatnya, ketika dia tanya perbuatan siapa dan kami tidak ada yang mengaku, dia tidak marah, dan hanya meminta salah satu teman saya untuk mengganti dengan kursi yang semula..
laen kemenyan, laen bangku.. kali ini kami semua sudah siap dengan pelajaran biologi..tumben kan?
pak Timbul mulai masuk kelas.. dan biasalah, kami mengucapkan salam, dan mulai mempersiapkan diri untuk pelajaran biologi.. sebenarnya ini hanyalah strategi kami saja.. mana mungkin kan kami mau berbuat sedemikian hanya untuk biologi...hehehe..
dan gak tau awalnya dari siapa, salah satu teman saya ada yang memberi tahu ke pak Timbul kalo hari itu ada siswa baru..dan kami pun sepakat untuk minta pak Timbul berkenalan..
karena sangat antusias pak Timbul pun menanyakan beberapa pertanyaan kepada 'anak baru' tersebut..
'anak baru' itu tidak merespon pak Timbul, dan karena mungkin karena jengkel ato apa, pak Timbul kemudian datang ke bangku paling belakang tempat 'anak baru' itu duduk..
sebenernya, yang dimaksud 'anak baru' oleh kami itu adalah patung untuk praktek pengenalan organ tubuh manusia yang biasa ada di laboratorium, bentuknya separo terbelah, yang terbelah itu biasanya menunjukkan organ dalam tubuh manusia.. nah, oleh anak-anak 3ipa4, patung itu diberi baju seragam persis seperti yang kami kenakan dan karena bagian yang terbelah itu sampe dengan muka, kamipun memakaikan topi kepada patung itu..
ampun deh, ngeliat bagaimana pak Timbul tau kalo itu adalah patung sungguh menjadi hiburan bagi kami yang mungkin sangat mengantuk karena pelajaran biologi jatuh di jam siang.. lumayan, mungkin itulah yang ada di otak kami saat itu.. lumayan bisa buat ketawa penghilang kantuk..
ya, iyalah pak, gimana jawabnya, orang patung kok diajak ngomong..
masih banyak kenangan-kenangan saya dan teman-teman tentang sosok yang satu ini.. terlalu sulit memang untuk dilupakan begitu saja.. dan gak heran kalo topik pembicaraan saya dan teman-teman ketika ketemu atau reuni, pasti tentan pak Timbul ini yang paling bisa membuat kami lupa kalo kami sudah berumur..
bukan maksud saya untuk berbangga hati dengan apa yang sudah kami lakukan, justru kami berbangga karena kami pernah punya sosok seorang guru yang sungguh sangat di luar dugaan.. jarang sekali marah.. low profile.. cukup senyum saja jika kami mulai meledek.. tidak pendendam..
yah, memang, kalo dibandingkan dengan apa yang sudah kami perbuat, layak lah kalo pak Timbul akan mendapat pahala yang tidak terkira..
mungkin kalo saya sekarang ada yang menawarkan pekerjaan yang katanya lebih baik dari sekarang..saya akan menjawab, ok saja asal jangan jadi guru ya...
hehehe..

2 comments on "IPA4"

By said...

hmmm..pak timbul...sebenernya orang yang baik..tapi kadang omongan nya rada2 pedes..hmm..

gara2 omongan nya..pernah sekali ngajakin dia kelahi..ga tau kenapa kok nekad banget..padahal kalo dia lapor ke KEPSEK...aku bakal dikeluarin...hehe...

ehhh...menurut kabar beliau sudah meninggal lho Da...mudah2an semua amal ibadah beliau diterima di sisi-Nya...

-eRda- on October 17, 2009 at 9:01 AM said...

mas by... kenakalan masa remaja...
mudah2an diterima di sisiNya ya...

Post a Comment

Sebelumnya Sesudah Home
 

My Blog List

Labels

Welcome

:: Isi Otak :: Copyright 2008 Shoppaholic Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez